Penipu Catur? 19 Tahun, Juara Dunia Kesal Magnus Carlsen

chess-magnus-carlsen-niemann-min

Dunia Catur & Web Mempertimbangkan Kontroversi

Tidak butuh waktu lama bagi lidah untuk mulai bergoyang. Kombinasi dari kekalahan mengejutkan, tweet samar, dan keengganan untuk berbicara tentang alasan penarikan Carlsen membuat banyak orang percaya bahwa ada tuduhan kecurangan yang halus. Tuduhan ini semakin dipicu ketika keamanan ditingkatkan di space turnamen, dan liputan ditempatkan pada penundaan 15 menit.

Emil Sutovsky, direktur jenderal badan pengatur catur, Fédération Internationale des checs, turun ke media sosial untuk mendukung keputusan Magnus.

Tidak peduli bagaimana turnamennya berjalan, @MagnusCarlsen tidak pernah berhenti. Dia pasti memiliki alasan yang kuat, atau setidaknya dia yakin dia memilikinya. Jangan menyebutnya pecundang atau tidak sopan. Saya tidak akan berspekulasi tentang alasan pengunduran dirinya, tetapi mungkin akan mengharapkan TD untuk mengudarakannya.

— Emilchess (@EmilSutovsky) 5 September 2022

Streamer catur on-line terkemuka dan Tremendous GM Hikaru Nakamura mulai menganalisis situasi. Dia melihat permainan antara Niemann dan Carlsen dan mencatat bahwa, meskipun itu jelas bukan permainan terbaik Carlsen, Niemann tidak membuat kesalahan besar dan klinis dalam eksekusi-sesuatu yang banyak orang akan menemukan sulit melawan Magnus dengan hitam. bagian-bagian.

“Saya pikir Magnus percaya bahwa Hans mungkin curang,” kata Nakamura. “Sekali lagi, tidak terbukti, siapa yang tahu apa kenyataannya, dia mungkin percaya di dalam hatinya, bahwa Hans curang dalam permainan itu,” katanya dalam sebuah aliran on-line.

Dia juga meninjau wawancara Hans setelah pertandingan, yang dicurigai, untuk sedikitnya. Analisis Neimann tampaknya tidak pada stage yang Anda harapkan untuk seorang pemain yang telah mempersiapkan diri dengan rajin untuk permainan, karena banyak pertanyaan dijawab dengan “posisi hanya berbicara untuk dirinya sendiri,” bahkan ketika menganalisis variasi yang tidak terlihat bagus untuknya.

Ketika ditanya bagaimana perasaannya tentang kemenangan mengejutkan, Niemann dengan fasih menjawab, “(Carlsen) bermain sangat buruk, saya tidak melakukan sesuatu yang istimewa.” Dia menyebutkan bahwa, dengan “keajaiban yang konyol,” dia telah melihat ke dalam “garis serangan yang tidak jelas” pada pagi hari pertandingan itu – yang digunakan Carlsen – tetapi kemudian berjuang untuk mengingatnya ketika berbicara dengan Alejandro dalam wawancaranya.

Ini adalah bendera merah lain di mata banyak orang, karena Carlsen memainkan pembukaan yang tidak seperti biasanya. Sementara setiap GM yang bermain di stage itu harus memiliki pemahaman tentang sebagian besar bukaan catur, pemain akan memiliki favorit yang mereka mainkan, dan lawan mereka akan sering mempersiapkan bukaan tersebut. Jadi, ketika Niemann mengatakan bahwa dia mempersiapkan pagi itu untuk pembukaan yang jarang dimainkan Carlsen, itu pasti membuat beberapa alis terangkat.

Bisa ditebak, web menjalankan WILD dengan teori konspirasi yang aneh, termasuk retweet lucu dari Elon Musk bahwa Hans menggunakan manik-manik anal bergetar nirkabel. Ya, benar-benar.

Anda suka melihatnya. pic.twitter.com/M3hXHWioOF

— Jack (@JackInPogForm) 8 September 2022

Konyol? Mungkin (tapi jangan beri tahu Reddit itu). Dunia catur telah diguncang oleh skandal kecurangan smartphone pada tahun 2014, 2015, 2016, dan 2019, tetapi ini di stage lain. Pertanyaan yang lebih luas telah diajukan tentang langkah-langkah keamanan Klub Catur St. Louis dan Piala Sinquefield. Secara khusus, mengapa mereka tidak menerapkan langkah-langkah keamanan yang mereka perkenalkan ketika Magnus mundur dari awal?

Author: Roger Mitchell